Thursday 26 April 2018

Pesan Facebook Inc. untuk para investor sudah jelas: bisnis ini sehat dan berkembang.




Dalam laporan laba kuartal pertamanya, jejaring sosial itu mengatakan, pendapatan melonjak 49 persen, mengalahkan perkiraan analis, karena bisnis periklanan digital dibebankan ke depan. Sementara Facebook menghabiskan untuk memperbaiki masalah besar seperti manipulasi pemilihan dan privasi - isu-isu yang telah menghantam citra perusahaan - “kita akan berinvestasi lebih banyak lagi dalam membangun pengalaman yang menyatukan orang-orang di Facebook, "Chief Executive Officer Mark Zuckerberg mengatakan pada panggilan konferensi hari Rabu.

Pada panggilan, eksekutif menggunakan kata "bangga" lima kali. "Kami bangga dengan model iklan yang kami bangun," kata Chief Operating Officer Sheryl Sandberg. Dengan melacak aktivitas pengguna, bisnis pemasaran perusahaan dapat menyajikan promosi yang relevan dan memastikan agar Facebook tetap gratis bagi penggunanya. Dan ada banyak cara lain untuk bisnis periklanan Facebook untuk memperluas lebih jauh, seperti melalui Instagram untuk berbagi foto.

Setelah satu bulan gejolak dan pengawasan dari para pembuat undang-undang, di mana perusahaan telah membuat nada contrit tentang penyimpangan dalam perlindungan data, eksekutif diperlukan untuk meyakinkan investor tentang popularitas Facebook dan kekuatan dari kekuatan periklanannya. Angka-angka melakukan sebagian besar pekerjaan. Penjualan kuartalan naik menjadi hampir $ 12 miliar, dan pertumbuhan pengguna bulanan juga melampaui perkiraan. Facebook mengatakan sekarang memiliki 1,45 miliar pengguna harian, sesuai perkiraan pada ukuran keterlibatan kunci ini. Saham melonjak lebih dari 5 persen dalam perdagangan diperpanjang.

Hasilnya "lega," kata Daniel Ives, seorang analis di GBH Insights.

Facebook telah menghabiskan sebulan terakhir untuk menjelaskan, meminta maaf, dan menyesuaikan aturannya setelah pengembang aplikasi memberikan informasi pribadi pada sebanyak 87 juta pengguna ke Cambridge Analytica, sebuah perusahaan konsultan politik, yang mungkin gagal menghapusnya. Krisis itu, yang menghasilkan kampanye #deleteFacebook dan penyelidikan kongres untuk Zuckerberg, melanda menjelang akhir kuartal - sehingga implikasinya hanya memiliki sedikit dampak yang terlihat sejauh ini.

"Facebook terus memiliki landasan pendapatan yang panjang di depannya," Mark Mahaney, seorang analis di RBC Capital Markets, mengatakan dalam sebuah catatan kepada investor. “Pemasar terus menghabiskan di platform pada rekor tertinggi. Dan kami percaya tindakan yang mengarah pada pendapatan berbicara lebih keras daripada kata-kata. ”

Jaringan sosial utama perusahaan menambahkan pengguna di Amerika Utara, membalikkan penurunan yang terjadi untuk pertama kalinya pada kuartal keempat. Pengguna aktif bulanan di AS dan Kanada naik menjadi 241 juta, sementara pengguna aktif harian naik menjadi 185 juta pada kuartal pertama.

Saham Facebook melonjak setinggi $ 168,20 setelah menutup tidak berubah pada $ 159,69 dalam perdagangan New York reguler. Saham telah turun sekitar 14 persen sejak laporan baru tentang penyimpangan privasi data muncul pada bulan Maret.

Penghasilan bersih pada kuartal pertama naik 63 persen menjadi $ 4,99 miliar, atau $ 1,69 per saham, melampaui $ 1,35 per analis saham yang diprediksi. Pengeluaran barang modal mencapai $ 2,81 miliar pada kuartal ini karena Menlo Park, Facebook yang berbasis di California meningkatkan pengeluarannya untuk keamanan, konten video dan teknologi baru. Perusahaan juga mengatakan bahwa mereka meningkatkan program pembelian kembali sahamnya sebesar $ 9 miliar.

Facebook masih memegang posisi dominan dalam periklanan seluler, di samping Google Alphabet Inc. Itu membuat perusahaan meningkatkan harga iklan - Facebook mengatakan bahwa ponsel menyumbang 91 persen dari pendapatan iklan dalam periode terakhir, dibandingkan dengan sekitar 85 persen setahun sebelumnya. Perusahaan ini juga memiliki banyak properti di mana ia mulai menghasilkan lebih banyak uang di luar jejaring sosial utama, seperti Instagram, yang diperkirakan akan mencapai satu miliar pengguna tahun ini, dan aplikasi obrolan populer WhatsApp dan Messenger.

Namun, perusahaan itu telah diguncang secara internal oleh krisis data, yang telah menyebabkan Facebook meluncurkan tinjauan atas semua produknya dan mengevaluasi seberapa banyak informasi yang harus dibagi dengan pengembang aplikasi, peneliti, dan pengiklan. Sementara itu, itu berfungsi untuk mengatasi aturan privasi baru di Eropa, yang disebut Peraturan Perlindungan Data Umum, yang Facebook katakan dapat mengurangi jumlah pengguna bulanan dan harian dari wilayah itu.

Facebook membuat argumen bahwa karena GDPR di Eropa mempengaruhi seluruh industri iklan, sulit untuk memperkirakan dampaknya - termasuk pada pengguna di luar Eropa, di mana Facebook mengatakan akan meluncurkan perlindungan yang sama.

"Meskipun kami tidak mengharapkan perubahan ini akan berdampak signifikan pada pendapatan iklan, pasti ada potensi untuk beberapa dampak," kata Chief Financial Officer David Wehner. 

https://www.bloomberg.com/news/articles/2018-04-26/facebook-sends-upbeat-growth-message-to-wall-street-shares-jump

Disqus Comments